Pengurusan Sertifikat Ahli K3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja

pengurusan ahli sertifikat k3

Sertifikat Ahli K3 adalah sebuah bentuk pengakuan terhadap tenaga kerja kompeten yang menguasai dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Proses sertifikasi ini dilakukan melalui tahap training atau pelatihan tertentu, di Indonesia kita mengacu pada regulasi yang ditetapkan oleh Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) untuk menyeleksi tenaga kerja supaya dapat menjadi ahli K3 di suatu perusahaan.

Landasan hukum mengenai sertifikat ahli K3 umum diatur dalam:

  • Undang-Undang No.1 Tahun 1970
  • Undang-Undang No.23 Tahun 1992
  • Undang-undang No.13 Tahun 2003
  • Peraturan Pemerintah mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Ketentuan ini berlaku untuk belaku untuk semua sektor usaha, khususnya bagi bidang usaha dengan risiko bahaya yang tinggi. Salah satunya seperti tenaga konstruksi, ketenagalistrikan, pertambangan, pengeboran migas, dan lain sebagainya.

Tujuan Mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum

Secara sederhana, tujuan diadakannya sertifikasi ahli K3 adalah untuk mempersiapkan badan usaha supaya dapat mematuhi sistem keselamatan dalam bekerja.

Mereka yang sudah diberikan tugas untuk menjadi ahli K3 mempunyai tanggung jawab untuk memastikan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di suatu proyek dapat terlaksana dengan baik, sehingga dapat mencegah kecelakaan dan cidera.

Adapun tujuan utama diadakannya pelatihan dan sertifikasi ahli K3 yaitu sebagai berikut:

  • Menjelaskan kepada perusahaan mengenai pentingnya keberadaan ahli K3
  • Memaparkan tugas, wewenang, serta tanggung jawab dari tenaga ahli tersertifikasi
  • Menerapkan sistem pelaporan kecelakaan dengan lebih baik
  • Melakukan analisis terhadap kecelakaan kerja dan mengetahui faktor penyebab, sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan
  • Memperkenalkan peran P2K3 termasuk tugas, tanggung jawab, dan wewenang organisasi tersebut
  • Melakukan evaluasi terhadap sistem K3 dalam perusahaan

Jika ditinjau dari tujuannya saja sudah bisa dipahami, bahwa pelatihan ahli K3 umum mempunyai peran yang sangat penting bagi badan usaha. Ini bukanlah sekadar formalitas belaka, melainkan mempunyai pengaruh jangka panjang terhadap terhadap keselamatan dan kesehatan para pekerja.

Apa yang Terjadi Jika Perusahaan Tidak Mempunyai Sertifikat Ahli K3?

Singkatnya pelaksanaan proyek akan terhambat. Dalam penerimaan tender keberadaan ahli K3 adalah wajib tidak bisa diabaikan karena alasan apapun.

Tentu hal ini cukup masuk akal, tidak ada yang mau mengambil risiko membiarkan tenaga kerja tanpa standar K3 yang bagus untuk mengerjakan suatu proyek besar. Selain risikonya tinggi ini juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Badan usaha akan dijatuhi sanksi kalau sampai masih menerima pekerjaan dengan risiko bahaya tinggi tanpa adanya pengawasan dari ahli K3. Karena mereka secara tidak langsung membahayakan nyawa para pekerja dan tidak memeberikan hak kepada tenaga kerja untuk memperoleh jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pengurusan Sertifikat Ahli K3 Umum dengan Bantuan Konsultan

Proses sertifikasi ahli K3 bisa menjadi proses yang cukup panjang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menggunakan bantuan dari seorang konsultan untuk mempersiapkan semuanya dari awal.

Ada kabar baik, Jasaiso.id siap melayani Anda untuk memperoleh sertifikat ahli K3. Untuk perusahaan yang masih belum mempunyai ahli K3, bisa berkonsultasi dengan kami supaya dibantu proses pengurusannya.

Perlu diketahui untuk tenaga kerja yang lulus proses sertifikasi, dapat menempati posisi di bidang pengawasan dan pemantauan K3 seperti HSE Officier, HSE Supervisor, Pimpinan tim proyek, Senior Staff HSE.

Mereka akan memantau penerapkan sistem K3 yang ada di lapangan serta memberikan laporan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan jika dibutuhkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Ahli K3

Jabatan yang lebih tinggi berbanding lurus dengan tugas dan tanggung jawab seorang ahli K3. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diingat oleh para kandidat ahli yang terpilih:

  • Melakukan pengawasan terhadap sistem K3 yang berlaku di perusahaan
  • Mengetahui kebutuhan sarana dan prasarana penunjang K3
  • Melakukan audit terhadap sistem keselamatan kerja yang sudah berlaku
  • Menjelaskan kepada perusahaan mengena rencana terstruktur untuk menerapkan K3 lebih efisien

Bagaimana Peran Konsultan dalam Membantu Perusahaan Mencapai K3 yang Lebih Baik?

Kami memberikan rekomendasi, menyampaikan strategi, dan menguji beberapa metode untuk menyukseskan implementasi K3 di perusahaan Anda.

Bersama dengan tim yang kompeten di bidangnya, Jasaiso.id akan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui kendala yang sedang Anda hadapi.

Setelah hal tersebut sudah ditemukan, maka dilanjutkan dengan penyelesaian masalah melalui berbagai cara.

Baca juga: Jasa Iso 45001 Terbaru

Koordinasi yang baik antara konsultan dan representatif dari badan usaha, menjadi kunci untuk membuat sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Ketertiban terhadap K3 bukanlah proses yang instan. Proses ini dipengaruhi karena banyak hal mulai dari kelengkapan alat, kesadaran dari para pekerja, dan SOP yang berlaku.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai layanan pengurusan sertifikat ahli K3 bisa langsung menghubungi kami di nomor yang tertera. Tim Jasaiso.id siap membantu Anda untuk mempersiapkan semuanya dari awal.