Pedoman Mutu : Evaluasi Kinerja

9.1      Pemantauan, Pengukuran, Analisa dan Evaluasi

Perusahaanmengevaluasi kinerja dan efektivitas Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan memelihara informasi yang terdokumentasisebagai bukti hasil evaluasi. Pemantauan persepsi pelanggan sejauh mana kebutuhan dan harapannya telah terpenuhi. Perusahaan menentukan metode untuk memperoleh, pemantauan dan meninjau informasi ini.

Sebuah survei analisis kepuasan pelanggan akan dilakukan periodik. Tinjauan kepuasan pelanggan akan diambil oleh manajemen puncak selama Rapat Tinjauan Manajemen.

Perusahaanmenganalisis dan mengevaluasi data dan informasi yang timbul dari pemantauan dan pengukuran yang tepat. Hasil analisis digunakan untuk mengevaluasi :

a) Kesesuaian produk dan layanan;

b) Tingkat kepuasan pelanggan;

c) Kinerja dan efektivitas Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja;

d) Jika perencanaan telah dilaksanakan secara efektif;

e) Efektivitas tindakan yang diambil untuk mengatasi risiko dan peluang;

f)   Kinerja penyedia eksternal;

g) Kebutuhan untuk perbaikan Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

9.2      Audit Internal

Prosedur ditetapkan untuk sistem audit mutu internal yang direncanakan dan didokumentasikan untuk memverifikasi bahwa Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai dengan pengaturan yang direncanakan, sesuai persyaratan, efektif diterapkan dan dipelihara.

9.3      Tinjauan Manajemen

Manajemen puncak Perusahaanmeninjau Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja perusahaan, pada selang waktu terencana, untuk memastikan kesesuaian, kecukupan, efektivitas dan keselarasan dengan arah strategis organisasi. Tinjauan manajemen akan dilakukan secara periodik untuk memastikan kesesuaian & efektivitas dalam memenuhi persyaratan, kebijakan dan sasaran Terintegrasi.

Tinjauan Manajemen akan mencakup semua elemen dari seluruh Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja seperti yang dijelaskan dalam prosedur dan jadwal untuk Tinjauan Manajemen. Tinjauan manajemen akan menilai peluang untuk perbaikan dan kebutuhan untuk perubahan Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, termasuk Kebijakan dan Tujuan.

Tinjauan manajemen direncanakan dan dilaksanakan dengan mempertimbangkan :

a) Status tindakan dari tinjauan manajemen sebelumnya;

b) Perubahan masalah eksternal dan internal yang relevan dengan Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja;

c) Informasi tentang kinerja dan efektivitas sistem manajemen mutu, termasuk tren di :

•   Kepuasan pelanggan dan umpan balik dari pihak berkepentingan yang relevan;

•   Sejauh mana sasaran mutu telah dipenuhi;

•   Kinerja proses dan kesesuaian produk dan layanan;

•   Ketidaksesuaian dan tindakan korektif;

•   Pemantauan dan pengukuran hasil;

•   Hasil audit;

•   Kinerja penyedia eksternal.

d) Kecukupan sumber daya;

e) Efektivitas tindakan yang diambil untuk mengatasi risiko dan peluang;

f)   Peluang untuk perbaikan.

Keluaran dari tinjauan manajemen mencakup keputusan dan tindakan yang berkaitan dengan:

a) Peluang untuk perbaikan;

b) Kebutuhan untuk perubahan pada sistem manajemen mutu;

c) Kebutuhan sumber daya.

Perusahaanmenyimpan informasi yang terdokumentasi sebagai bukti hasil tinjauan manajemen.