Tidak hanya di perusahaan atau startup bisnis saja, penerapan ISO 45001 juga sangat penting dilakukan di rumah sakit. Lalu apa itu ISO 45001 dan bagaimana penerapan ISO 45001 di rumah sakit? Ini dia penjelasannya.
Pengertian ISO 45001
ISO 45001 merupakan suatu standar persyaratan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). ISO 45001 sendiri merupakan pengganti dari OSHAS 18001:2007. Dengan adanya standar ISO 45001, hal ini membuktikan bahwa perusahaan atau badan usaha tersebut telah berkomitmen dengan sungguh-sungguh dalam melakukan manajemen K3.
Pedoman yang Mendasari Adanya ISO 45001 di Rumah Sakit
Salah satu pedoman yang menjadi dasar rujukan dibutuhkannya standar ISO 45001 di rumah sakit adalah Kepmenkes No.432 yang mengatur bagaimana suatu rumah sakit dapat sigap mengelola keselamatan dan kesehatan kerja sehingga berbagai jenis kecelakaan kerja yang terjadi di rumah sakit dapat dihindari.
Manfaat ISO 45001 untuk Rumah Sakit
Rumah sakit sebagai salah satu badan pelayanan kesehatan masyarakat juga membutuhkan standar ISO 45001 ini. Hal ini dikarenakan orientasi rumah sakit tidak hanya tertuju pada pelayanan kesehatan pasien saja. Kesehatan, keamanan, serta keselamatan para pegawai dan pekerja rumah sakit juga harus menjadi perhatian.
Sertifikasi standar K3 di rumah sakit dapat memberikan manfaat bagi tiga pihak yaitu rumah sakit, karyawan/pekerja, dan juga pasien. Bagi pihak rumah sakit, adanya standar ISO 45001 dapat meningkatkan mutu pelayanan serta mempertahankan keberlangsungan operasional rumah sakit.
Sedangkan bagi pekerja/karyawan, adanya sertifikasi ISO 45001 dapat memberikan perlindungan dari Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan juga mencegah adanya Kecelakaan Akibat Kerja (KAK). Berbeda lagi dengan pasien. Adanya sertifikasi standar ISO 45001 tentunya akan memberikan kepuasan serta mutu pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.
Rumah sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat sudah tentu harus memiliki sertifikasi ISO 45001. Selain dapat bermanfaat untuk meningkatkan citra rumah sakit, adanya sertifikasi juga akan berdampak baik pada sistem pelayanan yang diberikan oleh para pegawai sehingga tingkat kepuasan pengunjung terhadap layanan rumah sakit semakin meningkat.