Selain berperan sebagai standar manajemen mutu, ISO 9001 juga bisa dianggap sebagai alat bisnis di lingkungan bisnis sekarang ini. Penerapan ISO 9001 memiliki manfaat jauh melampaui dan tidak hanya sebatas manajemen mutu, melainkan juga dapat membantu organisasi untuk meningkatkan kinerja, mengurangi biaya rantai pasokan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta menarik pelanggan yang baru.
Berbagai Peran ISO 9001
Berikut ini adalah beberapa peran ISO 9001 dalam meningkatkan aktivitas penjualan.
- Standardidasi Proses
ISO 9001 dapat membantu Anda dalam standarisasi proses, serta memungkinkan Anda untuk memeriksa bagaimana Anda bekerja dan mendorong adanya perbaikan. Penggunaan pendekatan proses juga membantu mengintegrasikan proses dan menghilangkan limbah produksi.
- Gunakan Umpan Balik Pelanggan
ISO 9001 dapat membantu Anda dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Meminta umpan balik dari pelanggan sangat membantu untuk mendorong perbaikan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda untuk melakukan kebiasaan komunikasi terus-menerus dan memiliki hubungan yang dekat dengan klien.
- Mengembangkan Proses Tindakan Korektif
Ketika terjadi kesalahan, maka ISO 9001 akan membantu Anda untuk melengkapi diri dengan proses yang benar untuk menyelidiki penyebab, menghilangkannya, dan memastikan agar hal tersebut tidak terulang lagi. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan penjualan yang hilang, kiriman yang salah, dan ketidakpuasan pelanggan, sehingga tindakan korektif yang efektif menjadi penting untuk kinerja penjualan.
- Mengembangkan Proses Review
Pengukuran yang akurat dan review adalah elemen kunci pada standar ISO 9001. Dengan menggunakan indikator kinerja utama yang ditetapkan oleh pemangku kepentingan, maka memungkinkan tim penjualan untuk memberikan ukuran secara akurat serta memberikan landasan faktual dengan inisiatif perbaikan.
- Manajemen Risiko
Manajemen risiko merupakan bagian yang penting dalam standar ISO 9001. Proses manajemen risiko yang efektif dapat memberikan landasan terbaik bagi tim penjualan Anda untuk membuat keputusan berdasarkan risiko yang mempengaruhi pasar.
- Mendorong Budaya Perbaikan
Perbaikan yang dilakukan secara terus menerus mendasari seluruh standar ISO 9001. Perbaikan dalam hal ini, seperti mengembangkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan proses yang baru, dan perbaikan yang dilakukan terus menerus untuk meningkatkan kinerja penjualan.
- Meningkatkan Kualifikasi Organisasi
ISO 9001 memberikan bonus tambahan yang memungkinkan masuknya organisasi Anda ke pasar dan peluang tender yang dulu belum bisa Anda ikuti. Hal ini tentu saja memberikan peluang yang baru untuk tim penjualan Anda.
Tak hanya berperan meningkatkan kualitas organisasi, ISO 9001 juga berpengaruh terhadap rantai penjualan perusahaan. Oleh karena itu, sebaiknya segera miliki sertifikasi untuk perusahaan Anda. Hubungi jasaiso.id sekarang juga!