Standar ISO Menjadi Sesuatu yang Penting Bagi Perusahaan

Keberadaan sertifikat ISO kini semakin banyak dibutuhkan. Sertifikat ISO tidak hanya menjamin penyelenggaraan telah sesuai dengan standar namun juga umum diperlukan untuk perizinan dan sebagainya. Bahkan keberadaan sertifikat ISO bagi suatu entitas bisnis seperti perusahaan akan meningkatkan kepercayaan orang-orang yang terlibat dengan perusahaan tersebut.

Ada berbagai sertifikat ISO yang dapat dimiliki perusahaan dan termasuk dalam standar dasar. Sertifikat ISO yang umumnya dimiliki adalah ISO 9001 untuk penjaminan manajemen mutu dan kualitas, ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan dan ISO 45001 untuk jaminan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Pentingnya Menerapkan Standar ISO untuk Perusahaan

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

ISO merupakan standar internasional yang telah diakui oleh lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Dengan diterapkannya dan dimilikinya sertifikat ISO di sebuah perusahaan, akan membuat kepercayaan akan kinerja dan mutu perusahaan tersebut meningkat di mata konsumen. Alhasil, konsumen pun akan lebih percaya menjatuhkan pilihannya pada perusahaan yang telah menerapkan ISO di semua lininya.

2. Lebih Sesuai dengan Aturan Perundang-undangan

Semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya penerapan standar internasional dalam penyelenggaran sebuah entitas bisnis membuat pemerintah kini telah mensyaratkan penerapan ISO di beberapa lini. Hal ini bertujuan agar penyelenggaraan usaha tidak menyalahi aturan dan mendatangkan bahaya baik bagi pekerja, lingkungan, konsumen dan seluruh komponen yang terlibat.

3. Penjaminan Kualitas dan Mutu

ISO 9001, ISO 14001 bahkan ISO 45001 berkaitan dengan sistem manajemen. ISO 9001 sendiri merupakan salah satu ISO yang paling sering diajukan oleh perusahaan bahkan lembaga umum. Dengan diperolehnya sertifikat ISO, maka perusahaan tersebut telah menjalankan persyaratan yang tertuang di dalam ISO. Dengan sendirinya perusahaan telah melakukan usaha terhadap penjaminan mutu dan kualitas.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Salah satu ISO yang berdampak langsung terhadap kepuasan pelanggan adalah ISO 9001. Dengan dimilikinya ISO 9001, maka perusahaan telah menerapkan sistem manajemen yang efektif dan menghilangkan segala hambatan yang menghalangi kinerja usaha menjadi lebih baik lagi.

Untuk membantu Anda dalam pengurusan sertifikat ISO, Anda dapat menggunakan jasaiso.id yang akan membantu pengurusan ISO dari awal hingga akhir.