Mengenal Lebih Dalam Tentang ISO 27001

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lebih dalam mengenai apa itu ISO 27001? Jadi ISO 27001 adalah sebuah standar Internasional yang menerapkan sebuah sistem manajemen keamanan informasi. Sistem keamanan ini lebih dikenal dengan sebutan ISMS (Information Security Management Systems). Sebuah perusahaan yang sudah menerapkan standar ISO 27001 maka bisa membantu dalam memelihara dan membangun manajemen keamanan informasi.

ISMS ini merupakan sebuah perangkat yang memiliki keterkaitan dengan pihak perusahaan dan organisasi. ISMA ini digunakan dalam proses mengelola, mengendalikan resiko keamanan dan melindungi untuk menjaga rahasia, ketersediaan informasi, dan integritas. ISO 27001 ini memiliki 10 klausa pendek, serta lampiran panjang seperti berikut ini :

  1. Lingkup standar
  2. Dokumen di referensi
  3. Tentang definisi dalam ISO 2700
  4. Kepentingan keamanan informasi serta dukungan tingkat tinggi untuk kebutuhan kebijakan
  5. Hubungan organisasi
  6. Perencanaan sistem manajemen keamanan informasi, kontrol akan resiko, dan perkiraan resiko 
  7. Membuat sistem operasional manajemen keamanan informasi serta meninjau kinerja sistem
  8. Tindakan korektif

ISO 27001 merupakan standar internasional yang sudah diakui secara umum dalam mengelola berbagai resiko keamanan informasi. keberadaan sertifikasi ISO 27001 ini membuat anda bisa membuktikan kepada pelanggan anda. Kemudian anda bisa memangku kepentingan anda dalam mengelola keamanan informasi pada possesion. ISO 27001 ini sudah menyediakan satu set syarat standar pada sistem manajemen keamanan informasi. Sistem ini sudah mengadopsi pendekatan proses dalam menerapkan, menetapkan, operasi, pengkajian, pemantauan, meningkatkan dan memelihara ISMS perusahaan anda.

Ketika sebuah perusahaan sudah memutuskan untuk menerapkan ISO 27001 sebagai standar manajemen keamanan informasi maka perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan. Berikut keuntungan yang bisa anda dapatkan :

  1. Bisa membantu perusahaan terkait dengan kebutuhan standar keamanan informasi dan pastinya sudah teruji.
  2. Perusahaan sudah memiliki sistem kontrol tentang keamanan informasi dengan lingkungan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya resiko yang timbul.
  3. Membantu dalam proses perbaikan sehingga terjadi kesinambungan pada pengelolaan keamanan informasi.

Demikianlah penjelasan tentang ISO 27001. Semoga penjelasan jasaiso.id ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai ISO 27001. Untuk segala urusan mengenai ISO, serahkan saja kepada jasaiso.id.