Lembaga sertifikasi ISO adalah pihak profesional yang bertugas untuk menilai, meninjau, serta mengaudit perusahaan untuk mengurus sertifikasi ISO di bidang tertentu. Tidak hanya ISO 9001 saja, melainkan cakupannya menyeluruh termasuk ISO 27001, ISO 14001, dan lain sebagainya.
Banyak perusahaan di Indonesia yang masih belum mempunyai sertifikasi ini, alasannya juga beragam ada yang bilang belum paham, menganggap tidak penting. Padahal jika dipahami mengurus sertifikasi ISO adalah sesuatu yang sangat penting.
Klien atau investor tentunya akan lebih memilih perusahaan yang sudah bersertifikat dibandingkan yang belum. Mereka mengutamakan kualitas, sehingga merupakan kerugian tersendiri jika perusahaan belum mengurus sertifikasi ISO. Anda bisa cek alasan lengkap kenapa perusahaan butuh sertifikat ISO, melalui informasi yang sudah tersedia di situs ini.
Daftar Isi
Bagaimana Cara Memilih Lembaga Sertifikasi ISO yang Terpercaya?
Badan usaha yang sudah berdiri lama sekalipun belum tentu tahu cara memilih lembaga sertifikasi ISO yang tepat. Seiring kemajuan zaman banyak layanan yang mengaku bisa mengurus dokumen ISO hingga membantu proses auditnya.
Namun tentunya tidak sedikit pula yang memanipulasi. Supaya Anda tidak terjebak maka pastikan untuk memperhatikan ini sebelum mengunakan layanan lembaga sertifikasi ISO.
1. Cek Legalitas dan Perizinan Lembaga Sertifikasi ISO
Jangan lengah, pertama Anda perlu mengecek legalitas dari lembaga tersebut. Perusahaan pengurusan ISO setidaknya sudah berbentuk bisnis PT atau CV, lengkap dengan izin lokasi, izin usaha, dan dokumen legalitas lainnya. Banyak jasa urus ISO yang legalitasnya saja belum jelas.
Jangan sampai Anda tertipu, biasanya informasi mengenai kelengkapan legalitas ini dicantumkan pada company profile. Pastikan Anda mengecek setiap informasi yang ada pada bio perusahaan sebelum memutuskan menggunakan jasanya.
2. Memperhatikan Kerjasama dan Akreditasi
Cek lembaga sertifikasi ISO yang sudah Anda pilih, apakah mereka mempunyai kerjasama yang baik dengan perusahaan akreditasi internasional. Sertifikasi ISO yang diakui adalah yang sudah terdaftar dan resmi, pengurusannya menggunakan tahapan panjang bukan cara yang instan.
Adapun pihak akreditasi internasional yang populer adalah KAN, JAS-ANZ, IAS, ANAB, dan sebagainya. Apabila lembaga sertifikasi ISO yang Anda gunakan tidak ada akreditasi tersebut, maka sebaiknya cari yang lain.
3. Kualitas Konsultan ISO
Konsultan ISO adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengarahkan perusahan untuk mencapai kesuksesan dalam proses audit dan pengurusan ISO secara keseluruhan. Konsultan yang baik ialah mereka yang mampu memberikan penjelasan yang dibutuhkan perusahaan, mempunyai komitmen yang tinggi untuk membantu klien, memberikan solusi ketika muncul hambatan dan kendala.
Adapun beberapa langkah untuk mengetahui kualitas konsultan bisa dilihat dari:
- Latar belakang pendidikan konsultan
- Mengecek profile konsultan
- Rekam jejak kualitas mereka dalam beberapa tahun terakhir
4. Pengalaman Dari Lembaga Sertifikasi ISO
Pengalaman adalah bagian lainnya yang harus Anda perhatikan, lembaga sertifikasi ISO yang terpercaya minimal sudah melayani selama lebih dari 5 tahun. Namun tidak hanya melihat tahunnya saja, melainkan portofolio dan daftar klien juga perlu di perhatikan.
Secara teknis semakin lama pengalaman lembaga konsultan ISO maka kualitas layanan yang diberikan juga lebih baik. Mereka sudah sering mengurus sertifikasi ISO dalam bidang yang berbeda, kendala dan hambatan yang muncul juga bisa teratasi dengan baik karena mereka sudah memahami apa yang harus dilakukan jika masalah tersebut terjadi secara tiba-tiba.
Perusahaan Pengurusan ISO Terpercaya dan Profesional
Untuk apa bimbang dan pusing dalam menentukan layanan yang tepat, Anda bisa mempercayakan urusan sertifikasi ISO bersama partner yang hebat yakni Jasaiso.id, Kami telah membantu banyak perusahaan menerbitkan sertifikasi ISO dari berbagai akreditasi resmi yang diakui secara internasional.
Berpengalaman sejak 2012 tanpa ragu dan terus melangkah maju memberikan solusi dan kemudahan kepada para pemilik perusahaan di Indonesia untuk mengurus sertifikasi ISO yang mereka butuhkan.
Bekerja secara profesional memahami alur pengurusan ISO secara lengkap, menyelesaikan kendala dan hambatan dengan tahapan penyelesaian yang cerdas. Kami siap membantu badan usaha Anda dari nol.
Area layanan sangat luas, mulai dari Jabodetabek hingga ke berbagai kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, dan lain sebagainya. Tidak perlu terburu-buru, klien bisa bebas melakukan konsultasi bersama konsultan jasaiso.id, dengan senang hati Kami akan memberikan jawaban atas kebingungan Anda selama ini.
Daftar Sertifikasi ISO yang Bisa Kami Urus
Tidak hanya memperhatikan kualitas dan kemudahan, melainkan Kami juga menyediakan layanan secara universal. Jasaiso.id mengurus lebih dari satu sertifikasi, berikut ini daftar lengkap ISO yang bisa Kami urus:
- Sertifikasi ISO 9001
- Sertifikasi ISO 14001
- Sertifikas ISO 45001
- Sertifikasi ISO 37001
- Sertifikasi ISO 22000
- Sertifikasi ISO 27001
Dokumen apa yang Anda butuhkan untuk kemajuan perusahaan? Segera hubungi lembaga sertifikasi ISO terpercaya untuk mempermudah pengurusannya. Kami siap memberikan garansi lolos dengan sukses sampai penyerahan sertifikasi. Cari tahu info persyarataan lengkap pengurusannya bersama konsultan kami.