Perusahaan layanan IT (Information dan Technology) yang berkualitas tentunya mempunyai standar tersendiri untuk mengukur kualitas services mereka.
Karena bidang IT sendiri penerapannya begitu luas dan fleksibel, tentu akan lebih baik jika ada standar internasional yang bisa membantu setiap perusahaan untuk mempersiapkan hal ini. Oleh karenanya dibuatlah standardisasi ISO yang disebut sebagai ISO/IEC 20000.
Daftar Isi
Apa Itu ISO 20000?
ISO 20000 adalah standardisasi internasional yang di dalamnya mengatur tentang sistem manajemen layanan IT. Awalnya standar ini disebut sebagai British Standard 15000.
Namun setelah melalui berbagai perkembangan standardisasi ini disempurnakan oleh beberapa organisasi termasuk ISO dan IEC (International Electrotechnical Commission).
Tujuan dari implementasi ISO 20000 tidak lain yaitu untuk memastikan penyedia layanan IT mampu memberikan praktik dan service terbaik kepada konsumennya.
Alasannya cukup masuk akal, bidang IT bisa mempengaruhi perkembangan sektor lain terutama bisnis dan industrial. Tentu, keberadaan ISO 20000 ini cukup memudahkan badan usaha agar bisa lebih baik mempersiapkan semua yang diperlukan.
Baca juga: Perbedaan ISO Akreditasi dan Non Akreditasi
Siapa saja yang membutuhkan ISO 20000?
Melihat dari definisinya, bisa kami katakan beberapa perusahan yang membutuhkan ISO ini antara lain:
- Perusahaan konsultan dan penasihat IT
- Manajemen IT dan operasionalnya
- Data solution
- Manajemen proses bisnis
- Dan sebagainya
Jasa Konsultan ISO 20000 Manajemen Layanan IT
Badan usaha Anda termasuk ke dalam layanan penyedia IT dan ingin meningkatkan kualitas services? Jasaiso.id dari PT Smart Sertifikasi Indonesia menyediakan jasa konsultan dan sertifikasi ISO 20000.
Kami bersedia untuk mempersiapkan keperluan sertifikasi dan training ISO untuk meningkatkan peluang implementasi yang lebih efektif dan tepat.
Dengan berpengalaman cukup lama di bidangnya, salah satu layanan ISO 20000 yang kami sediakan adalah ISO 20000-1:2018.
Secara spesifik ISO 20000 merupakan standar sistem manajemen layanan IT yang membahas mengenai pengembangan sistem manajemen layanan dan berfokus pada kebutuhan pelanggan.
Tentunya, implementasi ISO 20000-1 akan berjalan lebih baik dengan integrasi ISO 27001: Manajemen Keamanan Informasi. Jasaiso.id berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan baik itu bagian dari BUMN, BUMD, maupun BUMS.
Kelebihan Konsultan ISO 20000 Jasaiso.id
Kami memberikan layanan berdasarkan asas partner, Anda bisa berkonsultasi secara penuh mengenai ISO 20000-1 kepada kami tanpa harus mengkhawatirkan soal batasan.
Beberapa value utama dari layanan jasaiso.id antara lain sebagai berikut:
- Pengurusan ISO dengan jaminan garansi penerbitan sertifikat
- Sertifikasi ISO dengan pilihan akreditasi ternama seperti KAN (Nasional), JAZ-ANZ, UKAS, dan sebagainya
- Biaya sertifikasi yang kompetitif dan transparansi detail rincian
- Pengurusan yang lebih cepat diproses
- Penyediaan training, peningkatan awareness, dan layanan inti lainnya sebelum implementasi ISO
Bisa dipahami, kemudahan service yang disediakan oleh konsultan ISO dari PT Smart Sertifikasi sudah lengkap. Semua yang berkaitan dengan ISO 20000 bisa Anda percayakan kepada kami.
Tentu ini merupakan nilai lebih, umumnya Anda hanya bisa mengurus ISO saja masalah training dan audit sertifikasi beda lagi. Namun, Jasaiso.id memberikan sistem on stop solution.
Semua keperluan Anda bisa terselesaikan dengan baik dalam satu layanan konsultan. Secara teknis tentunya ini menghemat biaya dan juga waktu yang sangat berharga.
Apa Manfaat Mengurus ISO 20000?
Pertanyaan yang bagus, sudah sewajarnya pertanyaan ini akan terlintas di pikiran Anda. Tidak mungkin sertifikasi dengan proses yang panjang tidak menghasilkan apa-apa.
Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengurus ISO 20000, sebagai pertimbangan berikut beberapa di antaranya.
1. Bukti Komitmen dan Kredibilitas
Sebagai penyedia layanan IT tentu Anda ingin bisa meyakinkan klien agar mereka bisa percaya dan deal kesepakatan untuk kerja sama. Namun, bagaimana cara mencapai tujuan tersebut? Di sinilah ISO 20000 ditunjukkan sebagai bukti komitmen dan kredibilitas perusahaan.
Dengan mengimplementasikan standar ini, maka Anda dan tim bisa lebih yakin untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen. Secara tidak langsung kredibilitas juga akan meningkat seiring berjalannya waktu.
2. Perbaikan dan Evaluasi Layanan
Merasa sudah melakukan evaluasi secara manual, namun hasilnya tidak sesuai dengan perkiraan. Bagian yang hilang adalah evaluasi dengan acuan standardisasi yang relevan.
ISO 20000 bisa menunjukkan poin-poin yang terlewat, perusahaan bisa mengetahui dan mencatat kekurangan tersebut untuk mempersiapkan evaluasi.
Pengujian dilakukan secara terarah dalam proses audit internal maupun eksternal. Dengan demikian, kualitas layanan bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
Namun, hal ini tentu saja tidak instan. Prosesnya memang panjang, tapi semestinya hasil akhir tidak mengecewakan.
Apakah penjelasan di atas sudah cukup membuat Anda yakin untuk segera mempersiapkan pengurusan ISO 20000-1?
Barangkali masih kurang silahkan berkonsultasi dengan konsultan jasaiso.id melalui kontak yang tersedia. Kami dengan senang hati akan menjadi partner Anda untuk mempersiapkan kebutuhan konsultansi, sertifikasi, hingga training ISO. Senang bisa membantu, semoga perusahaan Anda semakin berkembang dan maju.