5 Kesalahan Perusahaan Dalam Memilih Konsultan ISO

5 Kesalahan Perusahaan Dalam Memilih Konsultan ISO

Konsultan ISO adalah aspek terpenting yang wajib diketahui oleh setiap perusahaan.

Karena, pihak inilah yang nantinya membantu perusahaan dalam mengarahkan dan membuat sertifikasi ISO yang nantinya bisa memberikan pengaruh dampak positif untuk bidang industri yang sedang Anda jalankan.

Namun, pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang melakukan beberapa kesalahan dalam memilih konsultan ISO tersebut.

Oke, disini Kami tidak hanya sekadar berteori tanpa landasan melainkan Anda akan di ajak untuk berpikir logis terhadap beberapa masalah yang kemungkinan masih di lakukan saat menentukan konsultan pengurusan ISO.

Apa saja kesalahannya?

Silahkan cek langsung pembahasan di bawah ini.

1.Tidak Memastikan Legalitas Dari Pihak Konsultan ISO

Ya, ini yang paling umum terjadi. Banyak yang menggunakan jasa pengurusan sertifikasi iso, namun tidak mengecek legalitas dari si penyedia layanannya.

Jika di pahami hal ini memang terkesan sangat ribet, namun Anda harus tahu bahwa setiap penyedia layanan jasa tidak semuanya mampu menjamin legalitas.

Jadi, ada baiknya untuk menanyakan beberapa hal yang secara spesifik untuk memastikan valid atau tidaknya konsultan tersebut.

Adapun pertanyaan yang menyangkut hal ini seperti:

  • Apakah Anda sudah mempunyai NIB?
  • Perusahaan Anda berbentuk CV atau PT?
  • Dan pertanyaan serupa menyangkut TDP, dan sebagainya

2.Tidak Mengecek Lokasi Perusahaan Dari Konsultan ISO

Setiap perusahaan pasti mempunyai kantor, bahkan Virtual Office sekalipun pasti ada alamat secara resmi yang bisa Anda cek melalui mesin pencari Google.

Lokasi ini penting, jadi apabila Anda ingin melakukan pertemuan untuk konsultasi secara offline bisa langsung hadir di tempat tersebut.

Namun, karena sedang terburu-buru, masih banyak perusahaan yang tidak mengecek lokasi secara pasti penyedia jasa konsultan ISO.

Padahal hal ini terhitung sangat penting untuk memastikan bahwa penyedia jasa tersebut bukanlah penipu.

3.Lupa Meminta Company Profile

Setiap kali Anda hendak menggunakan layanan jasa yang menyangkut sesuatu yang eksklusif seperti pengurusan sertifikasi, dokumen, atau semacamnya wajib untuk meminta company profile.

Ingat, konsultan ISO ini nantinya akan menjadi partner Anda, jadi ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut identitas dari penyedia jasanya.

Di Indonesia sendiri memang banyak yang mengabaikan hal ini, karena terkesan sepele.

Namun, jika di pahami dengan baik, dari company profile Anda bisa mendapatkan informasi secara lebih mendalam mengenai pihak konsultan ISO tersebut.

4.Tidak Menanyakan Akreditasi

Seberapa jauh Anda memahami konsep sertifikasi ISO?

Jangan asal buat, karena sertifikasi seperti ini juga ada banyak akreditasinya. Bukan hanya sekadar akreditasi A atau C, ini merupakan penggolongan secara internasional dan memerlukan pemahaman yang lebih baik.

Baca juga: 5 Tips Utama Sebelum Memilih Konsultan Iso Handal

Jika konsultannya tidak profesional, maka sertifikasi yang di buat nantinya malah tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Karena, terkadang masing-masing perusahaan membutuhkan akreditasi ISO yang bervariasi.

Adapun variasi dari type akreditasi ISO antara lain:

  • JAS-ANZ
  • UKAS
  • ANAB
  • IAS
  • Dan lain-lain

5.Pakai Konsultan ISO Asal Murah

Pahami dengan baik, Anda disini membutuhkan konsultan ISO profesional untuk meningkatkan branding dan kualitas perusahaan di mata klien.

Jadi, jangan memilih jasa yang asal murah saja. Ya, memang tidak ada salahnya untuk memilih penyedia konsultan yang terjangkau.

Namun, pastikan juga tidak terlalu murah, karena ini justru bisa membuat Anda mempertanyakan kualitas dari layanannya.

Jadilah pemilik perusahaan yang bijak dan cerdas, ini demi kebaikan dan potensi perkembangan industri untuk beberapa tahun mendatang.

Bingung Dalam Memilih Konsultan Sertifikasi ISO? Jasaiso.id Siap Membantu!

Berpengalaman sejak lama, tim jasaiso.id sudah membantu banyak perusahaan dalam proses pengurusan sertifikasi ISO.

Cek informasi lainnya : Kenapa Perusahaan Butuh Sertifikat ISO?

Layanan ini menyediakan jasa konsultan profesional yang mempunyai pemahaman sangat baik di bidang sertifikasi dan legalitas.

Beliau adalah, Ari Handoko S.T, dan Ir. Azil Awaludin, MOHS MPM. Kedua konsultan Kami siap membantu Anda dalam membuat sertifikasi ISO dengan akreditasi yang beragam.

Ya, Kami terbuka untuk mendiskusikan dan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, adapun akreditasi yang Kami sediakan antara lain:
KAN, JAS-ANZ, UKAS, IASCB, ANAB, IAS dan lain sebagainya.

FAQ(Frequently Asked Question)-Paling Sering Ditanyakan

  • Apakah Jasaiso.id Ini Legalitasnya Terbukti?

Ya, tentu saja. Kami merupakan perusahaan yang berdiri secara legal. Anda bisa meminta buktinya langsung terkait pengecekan NIB, dan legalitas lainnya langsung melalui CS jasaiso.id

  • Dimana Lokasi Kantor Jasaiso.id?
    Kantor Kami berlokasi di Gedung Binawan Jalan Kalibata Raya 25-30, Jakarta Timur 13639. Anda bisa datang langsung ke lokasi atau mengeceknya melalui Google Maps
  • Sertifikasi ISO Apa Saja yang Tersedia Di Layanan Kami?

Kami menerima proses pengurusan sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, ISO 27001, ISO 22000, ISO 45001

Punya pertanyaan lainnya? Atau ingin berkonsultasi secara daring?

Silahkan klik logo Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah, kemudian klik lagi “open chat”, untuk mulai berkonsultasi mengenai pengurusan sertifikasi ISO bersama tim Kami.

Diskusikan masalah harga, estimasi waktu yang di butuhkan, dan pertanyaan spesifik lainnya bersama jasaiso.id!