´╗┐Tahukah Anda Apa Itu PDCA?


Pernah mendengar istilah PDCA? Istilah ini sangat terkenal sebagai salah satu metode yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah atau bisa juga menganalisis suatu permasalahan. Bagi Anda yang masih bertanya-tanya, berikut akan diberikan penjelasan singkat terkait PDCA yang harus Anda ketahui.

Pengertian PDCA

PDCA merupakan suatu singkatan yang berasal dari bahasa inggris yaitu Plan, Do, Check, Act. Atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti Rencanakan, Kerjakan, Periksa, dan Tindak Lanjuti. Istilah ini dikenal juga dengan sebutan 4 langkah literatif yang digunakan untuk mengendalikan kualitas dalam suatu permasalahan.

PDCA sendiri biasa digunakan pada aktivitas seperti LEAN SIX SIGMA dan cocok digunakan untuk kegiatan continuous improvement untuk memperpendek siklus kerja, meningkatkan produktivitas, dan juga menghapus pemborosan kerja.

Penjelasan Tiap PCDA

Berikut adalah penjelasan dari tiap tahap PDCA, antara lain:

  • Plan (Rencanakan)

Pada tahap perencanaan, Anda dituntut untuk mengetahui titik sasaran serta merencanakan bagaimana proses yang harus dilakukan agar hasil yang terjadi nantinya sesuai dengan perkiraan dan harapan.

  • Do (Lakukan)

Di sini, Anda memasuki tahap implementasi atau menjalankan proses yang sudah direncanakan sebelumnya. Memasuki tahap ini, Anda harus konsisten menjalankan apa-apa saja yang sudah direncanakan di tahap sebelumnya sehingga kemungkinan keberhasilan tinggi.

  • Check (Periksa)

Setelah melakukan proses dari hal yang telah direncanakan, maka tahap selanjutnya yaitu check atau mengevaluasi. Di sini Anda perlu memantau dan mengevaluasi proses yang telah dilakukan apakah telah sesuai dengan perencanaan dan harapan.

  • Act (Tindak Lanjut)

Setelah tahap-tahap diatas selesai dilakukan, maka tahap terakhir adalah melakukan tindak lanjut dari hasil yang telah dilakukan. Di tahap ini Anda bisa melakukan perbaikan atau memodifikasi proses jika ditemukan kekurangan pada proses yang telah dilakukan.

Berdirinya suatu perusahaan tentu tidak akan terlepas dari yang namanya permasalahan. Oleh karena itu, jangan khawatir jika suatu saat perusahaan Anda menghadapi masalah, cukup tenang dan lakukan metode PDCA, agar permasalahan dapat dengan cepat ditangani. Sebagai pendukung, Anda juga bisa menggunakan bantuan dari pihak konsultan jasaiso.id misalnya, agar penanganan masalah di perusahaan dapat terselesaikan dengan cepat dan tuntas.