Seputar Penerapan ISO 9001 untuk agen Wisata/Travel

Setiap bidang usaha memiliki manajemen mutu sendiri guna meningkatkan kualitasnya yang diatur secara global dalam ISO 9001. Dalam peraturan ini berbagai bidang usaha diatur, termasuk ISO 9001 untuk agen wisata/ travel. Siapa sangka, ternyata dalam agen wisata atau travel ini juga memiliki aturan tersendiri untuk meningkatkan kualitas manajemen mutunya. Agen wisata atau travel ini seperti travel umroh, biro haji, dan sejenisnya. Saat ini, sebenarnya belum banyak travel penyelenggara perjalanan ibadah haji ataupun umroh yang menerapakan ISO 9001 untuk agen wisata/ travel. Padahal, ISO tersebut sangat penting guna menjamin tata kelola perusahaan yang baik begitupula pelayannya terhadap konsumen.

Seberapa pentingnya sertifkat ISO terhadap agen wisata atau travel? Meskipun baru ada beberapa agen travel yang mendaftarkan dirinya dalam sertifikat ISO, namun bukan berarti tidak memberikan hasil. Berdasarkan perolehan ISO oleh agen-agen umroh menunjukkan adanya kemajuan prestasi dalam segi penyelenggaraan haji, baik berupa dukungan dari berbagai pihak maupun kinerja biro haji tersebut yang semakin jelas terukur.

ISO 9001 untuk agen wisata/ travel memiliki standar manajemen mutu setingkat internasional. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana khidmatnya proses pengendalian bisnis yang dijalankan. Tak heran, untuk memulai penerapannya tidaklah mudah, bahkan memerlukan pelatihan. Terlebih, perolehan ISO ini dianggap sebagai prestasi atau kebanggaan tersendiri karena telah mengantongi bukti peningkatan kepuasaan konsumen dan pelayanan yang memuaskan.

Sebagai contoh, Kementerian Agama Republik Indonesia atau Kemenag RI merupakan salah satu pihak yang memeroleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu atau SMM ISO 9001 dalam hal penyelenggaraan haji dan umroh. Hal ini berarti, dalam pelaksanaan penyelenggaraan haji atau umroh telah sesuai dengan standar internasional. Sebagai salah satu bentuk prestasi, banyak negara-negara lain yang menyampaikan keinginannya ditraining atau dilatih manajemen hajinya oleh Kemenag Indonesia, seperti negara Aljazair dan Rusia.

Tak puas hanya menerima penghargaan sertifikat ISO, proses penyelenggaraan haji dan umroh oleh Kemenag Indonesia harus senantiasa ditingkatkan dan dievaluasi, sehingga meningkatkan kepuasan jamaah muslim pada musim haji diwaktu mendatang.