´╗┐Sekilas Tentang Pengertian ISO

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian ISO maka dari itu silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. ISO merupakan sebuah asosiasi global yang didalamnya terdapat badan standarisasi nasional yang memiliki anggota kurang lebih 140 negara. Organisasi Standar Internasional ini menjadi sebuah organisasi di luar pemerintah yang sudah berdiri sejak tahun 1947.

Organisasi ini memiliki sebuah misi yaitu mendukung proses pengembangan standarisasi dan berbagai kegiatan yang ada kaitannya dalam membantu proses perdagangan internasional. Selain itu juga membantu dalam proses kerjasama secara global pada kegiatan ekonomi, teknologi dan pengetahuan. Jadi kegiatan pokok organisasi ISO ini yaitu menghasilkan sebuah kesepakatan secara internasional dan kemudian dipublikasikan sebagai standar internasional.

Ketika ada sebuah standar yang belum diharmonisasikan dengan teknologi yang sama maka hal ini akan mengakibatkan sebuah hambatan pada teknis perdagangan. Pihak industri yang mengekspor produknya merasa kalau persetujuan ini sangat diperlukan untuk standar dunia dalam mengatasi hambatan pada proses perdagangan. Hal inilah yang mendasari berdirinya sebuah organisasi besar ISO.

Standar internasional ini dibentuk dalam berbagai teknologi yang bisa mencakup berbagai bidang. Mulai dari bidang tekstil, informasi, komunikasi, pengemasan, distribusi produk, pembuatan kapal, jasa keuangan dan masih banyak lagi lainnya. Seiring berjalannya waktu semua ini terus berkembang di berbagai sektor industri pada masa yang akan datang.

ISO ini terdapat berbagai macam seperti ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 22000. ISO 9001 ini merupakan sebuah kesepakatan secara internasional yang difungsikan untuk menentukan standar secara universal dan berlaku untuk semua organisasi yang sesuai dengan harapan dan syarat peraturan yang berlaku.

Kalau ISO 14001 ini merupakan sebuah bukti kelayakan sebuah organisasi dalam menjalankan tanggung jawabnya terhadap lingkungan. Sehingga dengan adanya ISO 14001 ini bisa menurunkan berbagai potensi dampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Mampu meningkatkan kinerja lingkungan serta mampu menekan biaya produksi.

Kalau ISO 22000 adalah sebuah standar internasional yang sudah menggabungkan dan melengkapi elemen utama pada ISO 9001 agar menyediakan kerangka kerja yang lebih efektif dalam menjalankan dan mengembangkan sistem manajemen keamanan pangan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian ISO dan berbagai jenisnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang apa itu ISO dan apa yang ada didalamnya.